Keuntungan menjadi anggota Seafood Savers :

  • Setelah penandatanganan Perjanjian Keanggotaan, publikasi media akan diterbitkan oleh WWF-Indonesia/Seafood Savers untuk menyoroti kemitraan perusahaan dengan WWF-Indonesia terhadap praktik perikanan yang bertanggung jawab dalam program Seafood Savers.
  • Sebagai anggota Seafood Savers, perusahaan mendapatkan sertifikat keanggotaan yang membuktikan keterlibatan perusahaan dalam aktivitas perbaikan perikanan tangkap dan atau budi daya di Indonesia
  • Anggota berhak mendapatkan sebuah profil di dalam website (Seafood Savers atau www.wwf.or.id/seafoodsavers) dan halaman khusus yang akan disediakan bagi setiap anggota untuk berbagi tentang kemajuan dan evaluasi dalam skema Seafood Savers. Anggota akan dapat berpartisipasi dalam forum yang tersedia melalui website dan mailing list untuk mengetahui hal-hal baru dan diskusi seputar perikanan berkelanjutan atau penangkapan ikan yang bertanggung jawab.
  • Anggota memiliki hak dalam hal penggunaan logo Seafood Savers dalam materi properti dan publikasi mereka mengacu pada pedoman & kebijakan merek Seafood Savers
  • WWF-Indonesia/Seafood Savers akan memberikan pendampingan secara teknis dalam praktik perikanan yang bertanggung jawab berdasarkan pada prinsip-prinsip MSC dan/atau ASC.
  • Seafood Savers akan memberikan pendampingan dalam pengembangan strategi komunikasi/kampanye untuk edukasi pasar/konsumen dalam hal produk perikanan yang bertanggung jawab.
  • Anggota akan mendapatkan keuntungan di seluruh publikasi dan acara yang diadakan oleh Seafood Savers dalam hal pengakuan dan partisipasinya menjadi anggota (laporan tahunan, pertemuan tahunan, profil Seafood Savers, pameran, media engagement, kampanye, dan networking).

Syarat Keanggotaan

Perusahaan yang potensial menjadi anggota harus memenuhi empat syarat wajib berikut sebelum bisa mendaftar menjadi anggota Seafood Savers :

  • Perusahaan tersebut adalah entitas bisnis dan/atau entitas hukum yang diakui secara legal oleh otoritas di negara asalnya.
  • Perusahaan tersebut memanfaatkan ikan yang berasal dari dalam perairan Indonesia
  • Perusahaan bertujuan untuk mengikuti sertifikasi MSC dan/atau ASC
  • Perusahaan setuju dan bersedia mengikuti sejumlah langkah dan mekanisme untuk menjadi anggota Seafood Savers seperti yang disebutkan dalam Pedoman Institusional Seafood Savers.

Artikel Terkait

Siapa saja yang dapat bergabung

Produsen

Kelompok atau perusahaan yang melakukan praktik perikanan tangkap, budi daya, pengolahan, pengumpulan dan/atau distribusi dari perikanan yang menjadi target. Tipe atau bentuk: Kelompok nelayan, kelompok petambak, perusahaan pengolah, kelompok perantara, eksportir, dan distributor.

Pengecer/Ritel

Kelompok atau perusahaan yang menjual perikanan target ke konsumen akhir. Tipe atau bentuk: Restoran, supermarket, hotel, resor, klub janapada, katering.

Insititusi Finansial

Institusi yang membiayai atau berinvestasi pada industri perikanan. Tipe atau bentuk: bank, lembaga investasi

Mekanisme Keanggotaan

Perusahaan yang telah memenuhi syarat untuk bergabung dalam Seafood Savers WAJIB melalui serangkaian tahapan untuk memperoleh keanggotaan resmi Seafood Savers. Diagram dan penjelasan di bawah ini menunjukkan alur dari tahap-tahap tersebut serta aktivitas-aktivitas yang dilakukan di masing-masing tahap.

Tahap Awal
1Aplikasi
2Uji Kepatuhan
3Identifikasi
Tahap Perencanaan
4MoU dan Perjanjian Kerjasama Pra Anggota
5Pemenuhan Syarat Minimum
6Evaluasi & Perencanaan
Tahap Keanggotaan
7Pengesahan Keanggotaan
8aProgram Perbaikan Perikanan/Rantai Kepemilikan – Awal
8bProgram Perbaikan Perikanan/Rantai Kepemilikan – Lanjutan