December 6, 2015

Partisipasi PLH Ketua Palang Merah Indonesia pada rangkaian acara 32nd Red Cross and Red Crescent Conference, Jenewa 4-6 Desember 2015


Dalam rangka meningkatkan kinerjanya sebagai salah satu pekerja kemanusiaan (humanitarian actors) di lapang, para national societies dari seluruh negara perlu terus melakukan review secara berkala terhadap berbagai strategi dan programnya. Kegiatan review tersbut juga kiranya dapat dilakukan pada tingkat regional, di mana para national societies dari negara-negara di kawasan dapat melakukan tukar pikiran serta berbagi pengalaman terkait tantangan dan peluang yang dihadapi dalam menghadapi berbagai situasi kemanusiaan. Mekanisme review di tingkat nasional dan regional tersebut akan memberikan kontribusi langsung kepada kegiatan review yang lebih luas di tingkat global.

Hal tersebut disampaikan oleh PLH Ketua Palang Merah Indonesia, Bapak Ginandjar Kartasasmita, pada saat menghadiri salah satu sesi utama pada rangkaian acara the 32nd Red Cross and Red Crescent Conference, tanggal 6 Desember 2015, bertempat di International Conference Centre of Geneva, Jenewa, Swiss.

Lebih lanjut, PLH Ketua PMI menyarankan pula agar seluruh national society serta International Federation of the Red Cross (IFRC) dapat memberikan perhatian terhadap isu partnerships dalam penyusunan strategi kerjanya di masa mendatang. Hal ini disebabkan karena seluruh kegiatan yang menjadi fokus utama national societies akan dapat berjalan lancer apabila dapat terbina hubungan kemitraan yang baik antara pihak national societies (Palang Merah), pihak pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya, termasuk kalangan private sectors.

Konperensi Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional (International Red Cross and Red Crescent Conference) merupakan pertemuan regular yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali di bawah mandat statuta IFRC sebagai institusi yang mewadahi seluruh national societies (Palang Merah dan Bulan Sabit Merah). Konperensi tersebut diikuti oleh perwakilan dari seluruh national societies dari seluruh dunia serta perwakilan dari seluruh Negara pihak Konvensi Jenewa 1945. Seluruh delegasi akan melakukan tukar pikiran serta membahas berbagai hal terkait dengan upaya bersama untuk mengatasi berbagai humanitarian challenges di berbagai tempat.

Sidang utama Konperensi tahun in akan berlangsung di Jenewa tanggal 8-10 Desember 2015. Sidang ini juga telah didahului oleh berbagai rangkaian pertemuan pendahuluan sejak tanggal 4 Desember 2015, termasuk pertemuan General Assembly seluruh Red Cross and Red crescent dari seluruh dunia yang merupakan pertemuan tertinggi di dalam Institusi IFRC.

Jenewa, 6 Desember 2015

Red Cross

Useful Links
Deplu
Depkes
Budpar
BKPM
UN
WHO
ILO
Nafed
WIPO
WTO
ITU