Tentang

Diluncurkan pada tahun 2009, kampanye “100% Indonesia” (baca: seratus persen Indonesia) memiliki misi untuk meningkatkan apresiasi dan kebanggaan menggunakan produk buatan Indonesia.

Kampanye ini diprakarsai oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Segala perusahaan, produk, dan merek dalam negeri didorong partisipasinya untuk mencantumkan logo ”100% Indonesia” pada kemasan produk, iklan atau materi promosinya. Logo ini bebas digunakan oleh berbagai perusahaan atau pribadi Indonesia.
Lebih dari sekedar gerakan, kini “100% Indonesia” hadir dalam bentuk situs paripurna, yaitu www.100%indonesia.go.id yang dibangun oleh Direktorat Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri, Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, dan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Situs ini menjadi payung informasi, berita, dan segala bentuk kegiatan terkait pendorongan, penggunaan, dan promosi usaha lokal. Pelaku usaha di seluruh Indonesia dapat mendaftarkan usahanya ke situs ini secara gratis dan mudah guna mendapatkan informasi terbaru serta menandakan keikutsertaannya dalam berbagai kegiatan yang diadakan oleh Kementrian Perdagangan, seperti pameran, pelatihan, dan lain sebagainya.

 

 

Makna Logo 100% Indonesia

Logo baru 100% Indonesia punya tampilan yang lebih minimalis dan elegan. Simbol ‘love’ pada logo tidak hanya bermakna cinta, tetapi juga siluet yang sedang merangkul, mengajak, membimbing, dan membina dengan penuh kasih. Berawal dengan menggunakan, lalu menjadi peduli, lalu beranjak mencintai, kemudian menjadi pengguna loyal merk/produk dalam negeri.

Warna merah melambangkan energi, kedinamisan, serta kepercayadirian. Berpadu dengan warna abu-abu yang menunjukkan intelektualitas, masa depan, dan kesederhanaan. Dengan kombinasi kedua warna tersebut, terciptalah satu warna yang kuat dan saling melengkapi, sehingga menyampaikan satu harapan agar di masa yang akan datang merk/produk Indonesia dapat memasyarakat dan para pebisnis lokal dapat memiliki masa depan yang cerah serta berdaya saing yang matang.

Logo ini menjadi tumpuan akan harapan bangsa. Tidak hanya menjadi mandiri tetapi juga bersama-sama bangkit, sehati dalam memajukan perekonomian bangsa. Produk Indonesia, produk kita.